Cara Terbaik Memilih AC Hemat Listrik
Spread the love

JENIS AC HEMAT LISTRIK DI TOKO ELEKTRONIK

Mahal atau murahnya harga AC bukan jaminan AC itu sebagai AC yang bisa dikategorikan AC hemat listrik. Baca dengan teliti spesifikasi teknis AC yang hendak dibeli. Hampir mirip dengan sepeda motor hemat bahan bakar dengan teknologi injeksi, bukan tipe/jenis lama yang memakai karburator. Begitu juga AC yang hemat listrik berteknologi Auto Smart Inverter berbahan Freon R32 ramah lingkungan.

Beragam jenis, tipe, dan model AC di pasaran atau toko elektronik baik akan membeli langsung ataupun memesan di toko online elektronik Indonesia. Salah satu faktor pertimbangan yang seharusnya menjadi prioritas bagi pembeli. Cara terbaik memilih AC HEMAT LISTRIK yang mampu menghemat konsumsi energi listrik secara otomatis. Berdasarkan pola penggunaan dan idealnya mampu mendeteksi dari segi waktu penggunaan juga. Contohnya jika awal menyalakan AC di malam hari. Ketika pengguna akan beristirahat/tidur maka selang beberapa waktu AC mampu mendeteksi jika pengguna sudah terlelap. Kinerja AC (Air Conditioner) dalam mode penghematan energi listrik.

Dengan demikian, budget/dana pengeluaran bulanan untuk penggunaan energi listrik (tagihan PLN) mampu dihemat. Caranya yaitu dengan memilih atau membeli AC (Air Conditioning) yang hemat energi listrik. Bacalah dengan teliti fitur – fitur yang ditawarkan oleh beberapa merek/brand AC yang beredar di pasaran. Akan lebih baik browsing dulu di internet dan membaca beberapa artikel. Artikel tersebut bisa dijadikan bahan referensi/literasi buat calon pembeli AC (Air Condenser). Selanjutnya, membandingkan beberapa produk sesuai daya beli pembeli juga. Penggunaan AC yang berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan dan juga untuk perubahan suhu/iklim secara global. Banyak yang koar – koar tentang pemanasan global tetapi dalam kehidupan keseharian masih menggunakan AC secara aktif bahkan berlebihan tanpa kontrol.

KINERJA AC HEMAT LISTRIK

Penggunaan AC oleh manusia memang tidak dipungkiri karena panasnya kondisi suhu di dalam ruangan baik rumah, perkantoran dan juga industri. Guna menunjang nilai kenyamanan maka dipasang dan digunakan AC sebagai pendingin udara untuk mengurangi hawa panas dan memberikan rasa sejuk/dingin serta nyaman bagi penggunanya. Namun, cara terbaik memilih AC hemat listrik bisa dengan memilih AC standar yang Low Watt dan memiliki fitur teknologi super invester penghemat listrik. Pilih AC yang mempunyai fitur “Two Stage Compressor” (kompresor dua tahap) karena AC ini didesain untuk kinerja yang lebih optimal dalam kecepatan mendinginkan suhu ruangan dan tahap selanjutnya mampu menghemat konsumsi energi listrik.

Kinerja AC tidak saja dari tarikan awal yang tinggi, akan lebih baik pilihlah model/jenis AC dengan pola tarikan awal yang smooth – lancar dan stabil dan akan konsisten pada titik suhu dingin tertentu sehingga tahap selanjutnya mampu mereduksi kinerja AC dan menghemat konsumsi watt/energi listrik. Jadi pilihlah AC yang menawarkan fitur Auto Smart Controller. Jangan memilih jenis AC buatan/model lama karena harga promosi yang mampu membubarkan rencana awal dalam pembelian AC. AC stok lama/model lama karena sesuatu hal tentu akan ditawarkan lebih murah dengan tujuan cepat terjual saja. Ketika pengguna memakainya sehari – hari bisa jadi akan menambah pengeluaran bulanan secara dratis apalagi jika penggunaannya tidak terkontrol secara manual oleh pengguna dan fitur AC tidak memiliki smart inverter control.

FITUR AC HEMAT LISTRIK: CARA TERMUDAH DAN TERBAIK MEMILIH AC HEMAT LISTRIK

Cara terbaik memilih AC hemat listrik untuk digunakan di ruangan atau kamar tidur. Yang lebih penting yaitu memilih AC 1/2 (setengah) PK sampai 1 1/2 PK saja. Hal ini disesuaikan dengan luas ruangan kamar tidur. Di samping itu, rencana pemakaian untuk ruangan kantor yang lebih luas dan di dalamnya ada beberapa staf/karyawan/pekerja tentu akan membutuhkan jenis AC dengan PK yang lebih besar. Sementara ini jenis AC yang mampu mendeteksi suhu panas tubuh manusia (body’s heat) secara otomatis masih dalam pengembangan. Sensor otomatis suhu tubuh manusia akan mampu mengoptimalkan kinerja AC. Kapan AC harus optimal dan kapan harus idle. Sensor tersebut mendeteksi ada tidaknya manusia dalam suatu ruangan.

Di beberapa perkantoran, AC sudah dinyalakan oleh office boy sebelum staf/karyawan datang. Oleh karena itu, suhu ruangan pun menjadi super dingin tanpa ada manusia di dalamnya. Pola demikian tentunya tidak menghemat energi listrik. Meskipun secara finansial kantor/perusahaan/industri tersebut tidak mempermasalahkan biaya tagihan listrik bulanan karena kemampuan finansial yang tinggi. Akan tetapi, pola tersebut tidak baik dampaknya bagi pemanasan global. Begitu juga ketika jam istirahat makan siang. Ruangan kosong karena penggunanya pergi ke luar tetapi AC tetap menyala. Pola – pola seperti ini seyogyanya dihindari atau ditiadakan guna meminimalisir pemanasan global. Jadi sangat penting dan urgen, pemilihan AC yang tidak hanya hemat energi tetapi juga ramah lingkungan.

Tips cara terbaik memilih AC hemat listrik dan juga ramah lingkungan yaitu dengan mengetahui jenis freon yang dipergunakan oleh produk elektronik AC. Jenis freon AC yang ramah lingkungan adalah freon R32 sebagai generasi freon terbaru yang ramah lingkungan, mampu mengurangi dampak/efek pemanasan global sebesar 75% sehingga tetap menjaga lapisan ozon di udara serta mereduksi tingkat pembuangan karbondioksida. Freon R32 ini sangat eco-friendly dan dapat didaur ulang (recycle).

Leave a Reply